Berita, Gambar dan Video Otomotif

Dengan Aturan Ini, Knalpot Ngebul Semakin Mahal Pajak

Elqady.net – MelaluiĀ  Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Pemerintah akan mengajukan usulan penerapan pajak yang di dasarkan tingkat polusiĀ  atau carbon tax yang dihasilkan dari kendaraan tersebut. Upaya ini adalah salah satu cara yang dilakukan dalam menurunkan target emisi pada 2030 kelak.

“Ada tiga jenis kendaraan yang akan dicakup dalam penerapan carbon tax ini, yakni mobil berbahan bakar listrik, mobil hybrid, dan mobil berbahan bakar gas. Itu yang akan kami usulkan, namun hasilnya nanti sepenuhnya ada di kewenangan Kementerian Keuangan,” jelas I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin,

Pemerintah memang telah berkomitmen untuk turun tangan langsung untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Hal ini juga sesuai dengan apa yang telah dikatakan oleh Presiden kita pada saat mengikuti KTT Perubahan Iklim (COP) 21 di Paris, Desember 2015.

“Yang jelas, pajak akan ditetapkan berdasarkan CO2 yang dikeluarkan oleh produk otomotif,” tambahnya.

Menurut Putu, sekurangnya ada tiga hal yang mesti dilakukan untuk dapat meminimalisir emisi. Antara lain, penyediaan produk, kualitas bahan bakar, dan tarif pajak.

“Penurunan emisi gas rumah kaca akan sangat efektif, apabila mendapat kontribusi dari kendaraan yang ada di jalan raya,” lanjutnya.

Diperkirakan dengan diaktifkannya Carbon Tax juga nantinya akan berdampak pada persaingan para pelaku industri mobil yang akan berlomba untuk melahirkan mobil yang masuk dalam golongan low carbon emission vehicle (LCEV).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *