Berita, Gambar dan Video Otomotif

Menjelang Diberlakukan, Berapakah Harga BBM Standar Euro4?

Elqady.net – Pemerintah Indonesia sesaat lagi akan mencanangkan standar Euro4 pada bulan September tahun 2018. Hal itu didasari karena di keluarkannya Peraturan Menteri Lingkungan Hidup  dan Kehutanan  No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017,

Standar emisi Euro4, menurut European Manufacturers Automobiles Association (EMAA), emisi gas buangnya (NOx) maksimal  80 mg/km (mesin bensin) dan 240 mg/km (mesin Diesel). Semua itu berasal dari kerjasama antara bahan bakar dan mesin yang selaras.

Menurut Afandi, seorang Vice President Retail Fuel Marketing dari PT Pertamina, harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan pertamax turbo.

“Tergantung perbandingannya apa. Misalnya Pertamax Turbo yang sudah mendekati Euro4, maka harganya lebih mahal, di atas itu,” ujar Afandi, dalam acara yang dihelat di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2017).

Pada tanggal 21 Maret 2017 harga BBM pertamax turbo adalah Rp 9.150 per liter. Berita itu dikeluarkan langsung oleh laman resmi dari Pertamina.

“Untuk kompetitor yang setara pesaing kita juga jual segitu. Di atas Rp 9.000 pasti untuk Euro4,” tambah Afandi.

Bagi Afandi, ia bersama pertamina telah ready untuk melakoni standar teranyar ini. Namun harapannya peraturan ini tak kaku, Artinya kendaraan yang masih dibawah standar masih diperbolehkan.

Semoga dengan standar baru ini tak memberatkan semua pihak ya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *