Berita, Gambar dan Video Otomotif

Motor Matik Anda Bergetar Saat Di Starter? Mungkin Gara-gara Ini

Elqady.net – Jika anda memiliki motor matik dan saat pada tarikan awal bergetar, mungkin itu disebabkan karena kampas kopling pada motor matik itu sendiri.

“Karena kalau matik itu kampas kopling kering, yang ada di sebelah kiri. Yang sering orang ngeluh kendaraannya suka getar, tarikannya getar di awalnya, itu kampas kopling. Karena dia kan sistemnya kering sama seperti dengan kampas rem,” ujar Kepala Mekanik Astra Motor Jakarta, Eko Eddy Saputro, saat ditemui detikOto, di bengkel Astra Motor, Dewi Sartika, Jakarta.

memang terdapat perbedaan terhadap sistem kopling yang dimiliki oleh motor matik dan jenis motor lainnya. Jika yang lainnya menggunakan sistem kampas basah, motor matik menggunakan sistem kampas kopling kering.

“Jadi kalau kopling basah ada pelumasan oli, kalau di matik tidak ada pelumasan oli koplingnya,” ucap Eko,

Selain karena kampas motor, getaran itu juga dapat disebabkan karena faktor jarak tempuh. Saat motor telah memiliki jarak tempuh yang banyak juga dapat menyebabkan getaran.

“Paling engine hanger-nya, busi-businya yang sudah mulai rusak, nah itu juga perlu diperhatikan, kalau memang kilometernya sudah jauh. Tapi kalau kilometernya masih baru, kampas koplingya aja,” pungkas Eko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *