Berita, Gambar dan Video Otomotif

Pertamina Belum Siap Standar Euro4

Elqady.net – Melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pemerintah mengumandangkan akan melakukan perubahan pada Standar emisi bahgan bakar. Perubahan tersebut nantinya akan menyetandarkan penggunaan bahan bakar menjadi Euro4. Rencananya, untuk bahan bakar yang berupa bensin akan diubah dalam jangka waktu 18 bulan kedepan. Sedangkan untuk mesin diesel, masih perlu menunggu hingga empat tahun kedepan.

Pada September 2018, akan mulai diperlakukan standar Euro4 tersebut untuk mesin bensin. Sayangnya, Pertamina sendiri yang ditunjuk sebagai sang penyedia, belum sanggup secara sepenuhnya untuk melakukan hal tersebut. Alasan kebelum siapanĀ  Pertamina adalah karena mereka masih dalam tahap persiapan dalam pembangunan kilkang minyak sebagai pemasok bahan bakar tersebut.

“Jadi selama menunggu jadi keseluruhan kilang minyak pada 2025, maka kami selama 2019 sudah produksi tapi belum bisa memenuhi kebutuhan nasional maka akan mengimpor sebagian BBM standar Euro4 dari berbagai negara yang produksi,” ujar Vice President Retail Fuel Marketing Pertamina, Afandi.

Menurut Afandi, bahan bakar terbaru tersebut akan memiliki kandungan nilai oktanĀ  (RON) 92, serta kandungan sulfurnya sebanyak 50 PPM.

“Sedangkan untuk Pertamax kita yang ber-Ron 92 memiliki kandungan sulfur sebanyak 500 PPM dan kita sedang persiapkan melalui kilang minyak di Balongan dan Balikpapan,” katanya.

Kilang minyak terbaru sebagai pemasok bahan bakar dengan standar terbaru tersebut adalah Kilang minyak yang ada di Balikpapan yang diperkirakan dapat beroperasi secara keseluruhan pada tahun 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *