Berita, Gambar dan Video Otomotif

Hati-hati Dalam Menderek Mobil Matic

Elqady.net РSaat ini banyak info Рinfo  tak bertanggungjawab mengenai boleh atau tidaknya mobil matic untuk di derek ketika mengalami mogok. Seperti info yang menyebutkan bahwa mobil akan rusak jika di derek. Disampaikan oleh KA Bengkel Auto2000 Kebayoran Lama, Rocky Yonathan, yang mana menyebutkan bahwa tidak masalah mobil yang mogok terus diderek.

Namun, pria tersebut juga menyampaikan bahwa untuk mobil bertrasnmisi matic,  ada perlakuan khusus supaya tidak akan terjadi kerusakan pada bagian transmisi.

“Untuk mobil matik memang tidak boleh diderek dengan kecepatan lebih dari 20 km/jam, karena akan merusak sistem mekanis matiknya,” jelas Rocky saat dihubungi Liputan6.com melalui sambungan telepon, Selasa (12/9/2017).

Pada mobil tranmisi matic, asal derek bisa merusak bagian transmisinya karena sejatinya sistem mekanis pada mobil matic lebih kompleks jika dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual.

“Kalau bannya tidak menyentuh tanah (digendong) tidak masalah. Kan ada dua jenis mobil matik, yaitu penggerak belakang seperti Toyota Avanza, Rush, dan Fortuner memang harus digedong. Sedangkan untuk penggerak depan, seperti Toyota Yaris, Sienta, dan Alphard, saat derek mobil ban depan bisa digantung dan ban belakang menyentuh tanah,” jelasnya.

Untuk itu, pria tersebut kembali menegaskan bahwa tanggapan yang beredar yang menyebutkan segala jenis mobil akan rusak saat di derek adalah salah, Karena untuk mobil bertransmisi manual tidak masalah jika memang memerlukan tindakan derek. “Kalau manual tidak masalah, yang harus diperhatikan agar tidak salah prosedur ini mobil matik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *