Berita, Gambar dan Video Otomotif

Ingat, Menggunakan HP Saat Berkendara Merupakan Suatu Bentuk Pelanggran!

Elqady.net – Nampaknya, kepolisian saat ini tidak ingin disebut ketinggalan jaman. Mereka kabarnya akan menerapkan sistem tilang, dengan menggunakan CCTV. Banyak kabar yang menyebutkan bahwa sistem tersebut akan mulai di gunakan pada awal bulan ini.

Dengan sistem tilang menggunakan CCTV, para pelanggar lalu lintas dapat ditilang kapanpun anda berada. Bahkan meski hanya menggunakan hp di saat berhenti di lampu merah. Sayangnya sampai saat ini pihak kepolisian masih tutup mulut terkait dengan kebijakan terbaru tersebut.

Yang paling penting, mereka menegaskan bahwa bagaimanapun kondisinya, jika ia berkendara sembari mengoperasikan HP, hal tersebut memanglah merupakan suatu bentuk pelanggaran lalulintas.

“Mau ada kamera atau tidak makanya jangan main HP sambil nyetir. Memang itu pelanggaran (bermain ponsel saat berkendara),” tulis Kakorlantas Irjen Royke Lumowa dalam pesannya kepada detikOto, Rabu (6/9/2017).

Seperti yang dituliskan dalam UU No.22 Tahun 2009, tepatnya pasal pasal 106 ayat 1 yang mana bunyinya  “setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi”. Dengan kenyataan ini, mengartikan bahwa menggunakan ponsel ketika berkendara memangh merupakan pelanggaran, karena dapat memecahkan konsentrasi dari pengendara itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *