Berita, Gambar dan Video Otomotif

Ini Tips Hadapi Tindak Kriminal Di Jalan Raya

 

Elqady.net – Dijalanan, saat ini sangat sering terjadi tindak kriminalitas berupa kejahatan, perampokan dan pengerusakan mobil. Lalu, sebenarnya bagaimana tindakan yang harus kita lakukan ketika kita mengalami hal tersebut?

“Langkah-langkah terbaik saat mengalami perampokan, contohnya spion, dalam kacamata defensive driving, dimulai dari tetap bersikap tenang. Perampasan spion biasanya cuma butuh waktu puluhan detik, lalu sang perampok melarikan diri,” kata Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) Jusri Pulubuhu, beberapa waktu lalu.

Biasanya, tindak kejahatan tersebut terjadi pada jalanan yang tak lancar, dengan begitu sang korban tak bisa pergi kemana-mana. Jika kita mengalami hal tersebut, maka yang paling tepat adalah lebih baik kita tetap tenang di dalam mobil.

Sangat tidak dianjurkan baik penumpang maupun pengendara melakukan tindakan yang mengagetkan dan agresif. Jika perampong berniat mencuri spion, maka lebih baik kita tenang, apa lagi jika kendaraan dilengkapi dengan asuransi. Karena daripada kita harus melakukan kontak langsung dengan pelaku, yang jelas-jelas akan membahayakan diri kita, lebih baik kita membayar klaim asuransi.

“Jangan bertindak spontan, misalnya turun atau yang lain-lain. Tetap cool down, melakukan pengidentifikasian. Kalau tidak aman, jangan melawan karena lebih baik rugi materi daripada keselamatan,” ucap Jusri.

Pria baik hati tersebut menyampaikan bahwa terkadang pelaku perampokan terdiri atas kelompok, jadi banyak rekan-rekannya yang mengintai di sekitar.

“Bagaimana kalau ada peluang tindakan ofensif? Kalau perlu tidak dilakukan, karena kalau si perampok cedera berat atau mati, ada payung hukum yang bisa memberatkan pelakunya,” ujar Jusri.

Ia juga lebih menyarankan supaya pengemudi membunyikan klakson yang lama supaya mengundang banyak orang yang membantu untuk mengusir pelaku perampokan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *