Berita, Gambar dan Video Otomotif

Jangan Dongkrak Mobil Dengan Tambahan Kayu!!!

Elqady.net – Salah satu peralatan yang perlu ada di dalam mobil adalah dongkrak. Hal itu karena terkadang alat ini dibutuhkan secara tiba-tiba seperti halnya ketika kendaraan mengalami pecah ban. Mengenai jenis dongkrak, sebenarnya dongkrak seharusnya disesuaikan dengan bentuk kendaraannya. Sebagai contoh adalah untuk mobil yang ground clearance-nya tinggi memerlukan dongkrak dengan bentuk pengungkit kuat dan tinggi.

Sayangnya terkait dengan hal ini banyak orang yang justru mengabaikannya dengan mereka menggunakan dongkrak kecil dengan tambahaan balok kayu. Apakah tindakan tersebut  aman untuk digunakan?

“Tambahan kayu asal aman tidak apa-apa. Tapi itu tidak standar keselamatan. Jadi disarankan jangan,” ungkap I Wayan Werta Yoga, Service Manager Dealer Toyota Auto2000 Cabang Tebet.

Menurutnya, yang membuat ia sangat tidak menyarankan hal tersebut adalah hal tersebut sangat berbahaya karena dongkrak, kayu dan bodi mudah bergeser terlebih jika tersenggol. Dan jika hal itu terjadi, maka kayu akan terpeleset dari dongkrak. Jika ujung dongkrak terbentur badan mobil, maka hal tersebut dapat menimbulkan kerusakan  pada bodi mobil.

“Kalau dari segi keselamatan, kalau ada orangnya (yang memperbaiki) maka bisa terbentur atau tergencet. Jadi itu tidak aman, tidak direkomendasi. Yang benar cari dongkrak yang lebih panjang supaya dapat mengangkat lebih tinggi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *