Berita, Gambar dan Video Otomotif

Angkutan Umum Diharapkan Untuk Tutup Pintu Ketika Berjalan

Elqady.net – Pihak Polda Metro Jaya terus mengajak pengguna jalan untuk memahami pentingnya keselamatan berkendara. Terkait dengan hal ini, pihak kepolisian mengajak semua pengguna jalan, baik itu yang menggunakan kendaraan pribadi maupun yang menggunakan kendaraan umum. Sebagai contoh adalah saat ini banyaknya pengemudi kendaraan umum yang tidak menutup pintu kendaraannya ketika berjalan. Tentunya hal ini akan menimbulkan resiko kecelakaan yang cukup besar.

Kepala Subdit Bidang Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Budiyanto menyampaikaan bahwa seperti yang tertera dalam pasal 124 ayat 1 huruf e undang-undang nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan Jalan, yangmana bunyinya adalah ‘Pengemudi kendaraan bermotor umum untuk angkutan orang dalam trayek, wajib menutup pintu selama kendaraan berjalan’.

“Pelanggaran terhadap ketentuan diatur dalam ketentuan pidana UU nomor 22 tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan Jalan, pasal 300 huruf c jo pasal 124 ayat (1) huruf e, dengan ketentuan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan, atau denda paling banyak Rp 250.000,” jelas Budiyanto.

Pria tersebut juga menambahkaan bahwa dibukanya pintu kendaraan umum ketika berjalan memperlebar peuang terjadinya kecelakaan lalu lintas. Memang, jika kita amati, dibukanya pintu kendaraaan ketika berjalan dapat membahayakan penumpang, maupun orang laain yang ada di sekitarnya.

“Hal ini sesuai dengan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku baik yang diatur undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan, sampai peraturan Kapolri no 15 tahun 2013 tentang tata cara penyidikan kecelakaan lalu lintas,” tambahnya.

Untuk itu, pria tersebut sangat mengharapkan kesadaran dari para pengemudi pengendaraan umum supaya mau mematuhi peraturan lalu lintas seperti yang tertulis dalam undang-undang yang sebelumnya disebutkan.  Karena sesungguhnya, segala pelanggaran tentu ada sanksinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *