Berita, Gambar dan Video Otomotif

Mobil Bekas Yang Pernah Terendam Banjir Jarang Laku Di Pasaran

Elqady.net – Ketika mobil telah terendam banjir, maka mayoritas pemilik kendaraan tersebut memilih untuk menjual mobil itu. Hal ini dikarenakan, kedaraan yang terkena banjir biasanya akan mengalami penurunan performa dari sebelumnya.

“Mobil korban banjir memang pada akhirnya banyak yang dijual oleh pemilik. Mereka mau servis, biaya tinggi. Kalau pun sudah diservis, pasti ada rasa berbeda dengan sebelum banjir,” ujar Senior Manager Sentra Mobil Bekas Mangga Dua, Herijanto Kosasih,

Sayangnya, pria tersebut menyampaikan bahwa mobil yang sudah pernah terendam banjir kabarnya lebih sulit lakunya dibandingkan dengan mobil yang belum pernah kebanjiran. Salah satu alasannya adalah, mobil yang pernah kebanjiran harus dilakukan penanganan yang tepat. Jika tidak, tentunya akan merugikan pemiliknya sendiri.

“Biasanya pedagang jarang mau. Takutnya kalau dia sudah bayar, kemudian susah pas mau jual lagi. Kalau pun pedagang mau, tawarnya pasti gila-gilaan, bisa turun 50 persen dari harga pasaran mobil bekas. Ini wajar, karena mereka kan harus rapikan lagi mobilnya, sampai benar-benar aman dijual ke orang lain,” ujar dia.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Acing, yang merupakan salah salaah satu pedagaang mobil bekas di daerah Jakarta Pusat yang menyaampaikaan baahwa ia tak akan mau menjualkan mobil bekas yaang dalam riwayatnya pernah terendam banjir.

“Kalau kami biasanya sudah punya perkiraan, mobil bekas banjir ataupun tabrakan. Enggak kami ambil barangnya, soalnya kalau dijual lagi ke konsumen risiko tinggi, nama showroom taruhannya,” kata Acing.

Pria tersebut menyampaikan bahwa untuk dapat mengenali kendaraan yang sudah pernah mengalami riwayat kebanjiran ataupun kecelakaan adalah bukan sebuah hal yang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *