Berita, Gambar dan Video Otomotif

Tempel Stiker Dimobil Bisa Undang Kejahatan?

Elqady.net – Pemberian stiker pada mobil dilakukan oleh pemilik mobil untuk membuat kendaraan miliknya menjadi semakin keren. karena itu, saat ini banyak pemilik mobil yang menempel berbagai macam bentuk stiker. Salah satu contoh striker yang sering ditemui adalah stiker mengenai anggota keluarga yang di tempel di kaca belakang, sampai stiker yang menandakan jenis kelamin pemilik kendaraan.

Tetapi, tahukah anda bahwa dibalik fungsinya yang membuat kendaraan semakin keren, namun stiker juga dapat menimbulkan dampak negatif? Salah satu dapak buruk dari penggunaan stiker adalah dapat mengundang para pelaku kejahatan.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Jusri Pulubuhu, selaku Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) bahwa menempelkan stiker memang dapat membuat kendaraan makin menarik, namun justru dapat menimbulkan kerugian jika terlalu mengungkapkan identitas diri melalui stiker.

“Menempel stiker tentang identitas kita secara tidak langsung sudah menjadi sasaran orang, menarik perhatian apalagi sampai menyebutkan nama. Ini bisa memancing orang untuk melakukan kriminal,” katanya via telepon, Rabu (11/10).

Namun, untuk mengatasi hal ini, atau supaya kita tidak menjadi tujuan para pelaku kriminalitas, sebaiknya ini yang harus kita lakukan.

“Ketika mengemudi, berikan perhatian mengenai keselamatan yang mencakup keselamatan di jalan raya dalam hal ini tertib berlalu lintas. Kemudian keselamatan dari aspek keamanan terhadap tindak kriminal juga harus dipikirkan,”

“Saat mulai berkendara, hilangkan sesuatu atau objek-objek yang bisa menarik perhatian orang untuk melakukan tindak kriminal. Ketika berjalan selalu kontrol keadaan sekitar dengan melihat kaca spion setiap 5-8 detik dan perhatikan objek-objek atau kendaraan-kendaraan tidak berhubungan yang mengikuti arah kita,”

“Ketika memasuki daerah atau rute yang sepi, perhatikan objek sekitar. Kalau ada yang tetap segera percepat laju kendaraan atau hindari jalur tersebut. Ketika mendekati rumah atau tujuan, perhatikan lagi sekeliling ada tidak kendaran yang selalu ada di belakang. Kalau ada lanjutkan perjalanan dan cari tempat keramaian atau telepon bantuan,” tutup Jusri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *