Berita, Gambar dan Video Otomotif

4 Hal Wajib Dihindari Saat Mengendarai Mobil Matik

4 Hal Wajib Dihindari Saat Mengendarai Mobil Matik

Elqady.net – Mobil matik merupakan mobil yang menggunakan transmisi semi-otomatis yang perpindahan gigi percepatannya tanpa menginjak/menekan kopling, sistem ini menggunakan sensor elektronik, prosesor dan aktuator untuk memindahkan gigi percepatan atas perintah pengemudi. Sistem ini dikembangkan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas didaerah perkotaan.

Mobil matik memiliki banyak keuntungan. Salah satunya adalah kaki tidak lelah menginjak pedal saat berkendara di tengah kemacetan. Namun, kita harus memperhatikan mobil matik kita agar tidak mengurangi kenyamanan dan keamanan saat dipakai.

Dilansir dari laman Nissan, berikut hal-hal yang wajib dihindari saat mengendarai mobil matik:

1. Jangan pernah memindahkan transmisi pada posisi netral saat menuruni jalan

Kita sering beranggapan bahwa bahan bakar mobil akan lebih irit jika menggunakan transmisi netral saat melintasi jalan menurun. Anggapan itu ternyata salah besar. Sebab, jika kita memindahkan transmisi ke posisi netral justru akan merusak persneling mobil. Dan pastinya ongkos untuk memperbaikinya bakal lebih mahal dibanding dengan penghematan bahan bakar.

2. Jangan memindahkan transmisi secara tiba-tiba tanpa berhenti terlebih dahulu

Memiliki mobil matik, apalagi yang berpostur kecil, di daerah perkotaan memang mempermudah dalam berkendara. Namun, jangan sekali-kali memindahkan gigi D ke R tanpa menunggu mobil berhenti terlebih dahulu. Rem didesain untuk membuat mobil berhenti dan persneling didesain untuk memindahkan gigi. Memaksa persneling untuk berpindah arah dari maju ke mundur dan sebaliknya tanpa berhenti dulu sama saja mempercepat usia persneling.

3. Jangan pernah menginjak pedal gas dengan dalam saat netral dan langsung memindah ke transmisi D

Menginjak gas dengan dalam saat posisi netral akan membuat mesin mobil menyalurkan tenaga besar. Kopling dan persneling bertugas memindahkan gigi, dengan adanya asupan tenaga besar dari mesin secara tiba-tiba maka kopling akan selip dan hal tersebut akan mempercepat keausannya. Injaklah rem saat di posisi D kemudian injak gas perlahan agar persneling dan kopling bisa menyalurkan tenaga yang sesuai untuk menjalankan mobil sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk perawatannya.

4. Jangan pernah langsung memindahkan transmisi ke posisi P saat mobil belum berhenti

Saat mobil berhenti dan kita memindahkan transmisi ke P, akan ada mekanisme pengunci yang mencegah gir berputar untuk menggerakkan roda. Memindahkan ke transmisi P saat mobil belum berhenti sepenuhnya sama saja dengan mengadu mekanisme pengunci dengan gir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *