Berita, Gambar dan Video Otomotif

Ban Cadangan Ukurannya Ada Yang Lebih Kecil Dari Ban Utama, Kenapa?

Elqady.net – Telah tertuang dalam peraturan, bahwa standarnya, sebuah mobil memilikiban cadangan. Ban cadangan ini diperlukan ketika terjadi hal yang tak di ingingkan pada ban kendaraan anda dalam perjalanan. Namun, ternyata ukuran ban cadangan bervariasi, ada yang dibuat sama dengan roda utama, namun tak sedikit juga yang dibuat sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan ban utamanya.

Membahas ban serep yang sengaja dibuat oleh pabrikan dengan ukuran lebih kecil dari roda utamanya, sebenarnya apa tujuan hal tersebut?

Disampaikan oleh Iwan Abdurahman, selaku Technical Service Division PT Toyota Astra Motor menyabutkan bahwa sebuah pabrikan membuat ban cadangan biasanya menyesuaikan dengan bentuk kontruksi dari kendaraan tersebut. Diambil contoh, untuk meletakkan ban serep yang memiliki ukuran sama dengan ban utama di bawah mobil, pastinya memerlukan lantai mobil yang tinggi.

“Kalau pakai serep ukuran gede, lantai harus tinggi. Maka ban serep dikecilin agar muat di bawah, dan lantai mobil masih bisa rata,” ujarnya kepada VIVA, Senin 4 Desember 2017.

Selain itu, bahan dasar dari velg ban cadangan juga berbeda dibandingkan roda utama. Ban cadangan biasanya menggunakan bahan kaleng. Salah satu alasan produsen melakukan hal tersebut ialah untuk dapat meminimalisir biaya produksi.

“Atau di Eropa, bahkan tidak pakai ban serep, tetapi dikasih kit cairan tambal ban dan pompa,” katanya.

Menambahkan hal tersebut, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi menyampaikan bahwa yang paaling penting adalah besar diameter ban cadangan dan ban utama harus sama.

“Ini tergantung pertimbangan dari masing-masing pabrikan. Karena, sifatnya ban cadangan itu hanya diguanakan sementara saat kondisi daurat,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *