Berita, Gambar dan Video Otomotif

Dua larangan Bagi Pengendara Mobil Yang Perlu Diketahui

Dua larangan Bagi Pengendara Mobil Yang Perlu Diketahui

Elqady.net – Biasanya pengendara mobil yang akan melakukan perjalanan jauh akan mengisi penuh tangki bahan bakarnya dengan alasan agar tak perlu terlalu sering bolak balik ke SPBU, hal tersebut sebenarnya merupakan perilaku yang salah jika dilakukan dan akan ada efek tertentu pada mobil.

Saat sedang panas, pengendara mobil tidak perlu mengisi penuh tangki bahan bakarnya, bisa saja bensin tumpah. Tumpahan ini dapat merusak cat, serta uap yang keluar dapat mengotori udara. panas meningkatkan tekanan, yang bisa menyebabkan naiknya bahan bakar dan dapat berakibat menyebabkan bahan bakar terdorong ke luar.

Agar tetap aman, maka usahakan untuk tidak mengisi penuh bensin. Sisakan ruang di antara bensin dan kepala tangki. Selain itu, jika ada tumpahan bensin, maka segeralah bersihkan.

Ada juga larangan menggunakan coolant pada radiator mobil yang tak lagi baru, radiator coolant memiliki kelebihan ketimbang air biasa. Radiator coolant memiliki beragam manfaat, namun disarankan cairan ini digunakan pada mobil baru saja. Untuk mobil bekas, ada baiknya melakukan pemeriksaan radiator terlebih dahulu.

Radiator yang menggunakan air mengakibatkan jalur air di kepala silinder hingga blok mesin berkarat. Sehingga penggunaan coolant yang umumnya memiliki senyawa kimia anti rust dapat membuat seluruh karat rontok dan menimbulkan masalah baru.

“Memakai coolant akan membuat karat-karat rontok, sehingga bisa membuat lubang antara jalur air dengan jalur oli,” papar Yusuf Ali, mekanik Praju Motor. Akibatnya, kata Yusuf, air dan oli akan tercampur pada mesin mobil.

Lebih lanjut, tanda oli dan air bercampur pada mesin bisa terlihat ketika memeriksa dipstick oli. Saat diseka dengan lap bersih (berwarna putih) akan terlihat warna seperti kopi susu.

Bila kondisi ini terjadi, mobil bekas yang sedianya dibeli untuk menunjang mobilitas justru membuat kantung jebol. Sebab, Anda perlu merogoh kocek dalam untuk melakukan overhaul atau paling tidak menguras mesin. Dalam kasus yang serius, masalah ini membuat pemilik kendaraan harus dimengagnti kepala silinder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *