Berita, Gambar dan Video Otomotif

Gagal Ujian SIM? Datang Lagi 14 Hari Kedepan Untuk Lakukan Ujian Ulang

Elqady.net – Harus kita akui, bahwa tak mudah untuk dapat lolos ujian praktek pembuatan SIM. Di Indonesia, sebagian orang yang pernah melakukan ujian pembuatan SIM pernah merasakan kegagalan dalam prosesnya. Salah satu penyebab gagalnya ujian pembuatan SIM tersebut ialah karena kemampuan berkandara yang belum terlalu pandai, hingga mental yang tiba-tiba turun karena diawasi oleh polisi.

Lalu, ketika seseorang mengalami kegagalan terkait dengan hal ini, kapankah orang tersebut dapat mengulang proses pengujian ini?

“Kalau pengendara gagal dalam ujian teori dan praktik dalam pengujian SIM, pengendara harus mengulang ujian teori dan praktik,” kata Fahri Siregar, selaku Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Pengendara bisa mengajukan permohonan pembuatan SIM kembali paling lambat setelah 14 hari. Setelah itu pengendara baru bisa mengajukan ujian teori dan praktik lagi,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga memberikan keterangan yang merupakan alasan yang membuat seseorang diperbolehkan melakukan pengujian ulang setelah 14 hari pasca kegagalan pengujian.

Menurutnya, dalam rentang waktu tersebut seorang dapat memanfaatkannya untuk mengasah kemampuannya berkendara. Tujuannya, ketika melakukan pengujian ulang orang tersebut dapat berhasil lolos dan dapat memiliki SIM.

“Karena diharapkan para pengendara bisa belajar terlebih dahulu, sebelum melakukan ujian SIM kembali. Selain itu untuk bisa lulus dalam ujian SIM, para pengendara harus memenuhi nilai kelulusan,” katanya.

Sedangkan untuk ujian teori, peserta pembuatan SIM akan diberikan sebanyak 30 soal. Dari 30 soal tersebut, untuk dapat lolos, peserta diharuskan memperoleh jawaban benar sebanyak 21 soal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *