Berita, Gambar dan Video Otomotif

Penting, Inilah Batas Ketinggian Air Yang Boleh Diterjang Mobil Saat Banjir!

Elqady.net – Banjir memang menjadi musuh bebuyutan bagi kendaraan bermotor seperti mobil. Hal ini dikarenakan banjir dapat memberikan dampak buruk bagi kendaraan roda empat tersebut. Namun, untuk daerah rawan banjir seperti yang ada di daerah Jakarta, nampaknya banyak pengemudi mobil yang ngotot untuk menerjang banjir. Lalu, amankah jika mobil dipaksa untuk menerobos banjir?

Disampaikan Dolf Valentino, selaku Workshop Head Daihatsu Pangeran Jayakarta, bahwa ketika memutuskan untuk menerjang banjir, ada hal yang perlu untuk di perhatikan, salah satunya ialah batas ketinggian air yang dapat dilewati mobil. mengabaikan hal tersebut, tentunya berpeluang membuat kendaraan mengalami kerusakan.

“Sebaiknya, jika sudah 30 sentimeter itu sudah jadi peringatan untuk mobil-mobil MPV. Kalau MPV 30 sentimeter, SUV beda lagi karena ground clearance memang tinggi,” kata Dolf

Menurutnya, jika orang ngotot mengendarai mobil untuk menerjang banjir meski ketinggian telah melebihi batas, maka bagian kelistrikan kendaraan menjadi bagian yang paling mudah mengalami kerusakan.

“Bisa korsleting atau hubungan pendek listrik. Jika terjadi hubungan pendek maka kinerja elektronik akan down semua,” terangnya.

Selain itu, menurutnya dalam menerjang banjir juga upayakan mobil jangan melaju terlalu kencang. Alasannya adalah supaya air tak terciprat dan masuk ke ruang pembakaran melewati saluran intake, maka hal tersebut dapat berakibat tidak baik, yakni kendaraan mengalami apa yang di sebut dengan water hammer.

“Alhasil, water hammer itu akan membuat bengkok connecting rod piston yang membuat mesin suara kasar dan liner piston dapat terluka nantinya. Pastinya juga bisa bikin mobil turun mesin,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *