Berita, Gambar dan Video Otomotif

Waspada, Air Menetes di Kolong Mesin Mobil Dapat Berakibat Fatal

Elqady.net – Ketika memiliki mobil, seseorang diwajibkan untuk rutin melakukan pengecekan pada berbagai bagian. Salah satunya adalah bagian kolong mobil, siapa tahu ada air yang menetes dari mobil ke kolong.

Kemungkinan, ketika hal tersebut terjadi, maka sumber air tersebut dapat datang dari berbagai hal, salah satunya ialah berasal dari AC mobil. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Parman Suanda, selaku Service Manager Plaza Toyota.

“Itu biasanya yang netes air AC, akibat sirkulasi pendinginan dan pembuangan airnya. Itu bekas sirkulasi yang masih sedikit tersisa,” ujar Parman.

Jika hal ini terjadi, maka anda tak perlu cemas karena hal tersebut tidak terlalu berbahaya. Namun, ketika kendaraan dimatikan dan air tetap menetes, mungkin tetesan air tersebut berasal dari hal lain.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda segera membawa kendaraan anda ke bengkel untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

“Bisa dilihat kalau kebocoran di selang radiator atau water pump biasanya warnanya merah (ada pula warna lain seperti hijau), kecuali enggak diisi pakai water coolant,” ujarnya.

Membiarkan air keluar dari radiator membuat mesinkendaraan mencadi lekas panas. Hal inilah yang biasa dijuluki dengan istilah overheat. Hal ini tentunya berbahaya karena dapat berakibat fatal bagi kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *