Berita, Gambar dan Video Otomotif

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Usai Mudik Dengan Motor

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Usai Mudik Dengan Motor

Elqady.net – Hal yang penting bagi perawatan motor setelah menempuh perjalanan jauh untuk mudik. Mudik menggunakan sepeda motor memang menjadi kendaraan favorit dan akan memiliki kesan tersendiri.

Mengingat saat perjalanan jalur mudik yang cukup padat akan memaksa sepeda motor untuk bekerja lebih ekstra keras. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan usai mudik dengan motor.

Pertama ganti pelumas sepeda motor

Penggantian pelumas diperlukan setelah melakukan perjalanan yang jauh, meskipun batas waktu penggantian pelumas belum tercapai. Pelumas sendiri berfungsi untuk mengurangi gesekan antarkomponen kendaraan yang terbuat dari logam dan membersihkan serpihan logam akibat perputaran mesin. Oli juga berfungsi untuk membuat kerja mesin agar tetap stabil dan tidak panas.

Kedua pastikan rantai atau V-Belt masih dalam keadaan tak aus

Kedua komponen ini seiring waktu akan mengalami keausan. Rute mudik yang cukup panjang mampu mempercepat keausan kedua komponen tersebut. Dimana Fungsi V Belt Motor Matic ini sebenarnya sama dengan rantai pada motor manual yaitu sebagai penghubung tenaga putar dari mesin menuju ke As roda belakang sehingga motor matic bisa melaju.

Dengan kata lain, keberadaan V Belt pada motor matic sangatlah penting oleh karenanya kita sebagai pemilik motor harus rajin mengecek kondisi V Belt agar tenaga yang dihasilkan optimal.

ketiga periksa rem sepeda motor masih berfungsi baik atau tidak

Akibat mudik biasanya rem akan cepat habis. Sebaiknya segera periksa kondisi kampas rem. Jika memerlukan penggantian sebaiknya dilakukan secepatnya untuk menghindari bahaya yang tak diinginkan.

Habisnya kampas rem cakram, juga bisa diperkirakan dari tabung minyak rem. Jika volume minyak rem pada resorvoir atau tabung tempat oli rem berkurang atau turun dari garis yang tertera, maka sudah saatnya kampas rem diganti.

Selanjutnya pastikan Velg dan ban dalam kondisi baik

Periksa kedua komponen tersebut. Lihat keadaan velg alami kerusakan atau tidak akibat benturan saat menempuh perjalanan mudik. Begitu pula ban, masih dalam kondisi bagus aatu tidak setelah melakukan mudik.

Kemudian terakhir periksa keadaan Suspensi

Setelah melakukan perjalanan mudik segera mencuci kendaraan. Biasanya kotoran yang menempel pada suspensi dapat menyebabkan kerusakan. Belum lagi beban yang dibawa selama perjalanan mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *