Berita, Gambar dan Video Otomotif

Ford Resmi Hadirkan All New Ranger Raptor di Thailand

Ford Resmi Hadirkan All New Ranger Raptor di ThailandElqady.net – Ford telah resmi hadirkan All New Ranger Raptor di Thailand, namun bukan Raptor asli seperti dipasarkan di Amerika Utara yang dibangun berbasis Ford F-150. All New Ranger Raptor dikembangkan dari Ranger yang ukurannya lebih kecil dari F-150.

Ranger generasi terbaru sudah mengalami modifikasi ala Raptor agar terlihat semakin garang dan sangar seperti telah ada pada grille ekstrabesar berikut tulisan Ford di dalamnya.

Bemper depan plastik hitam turut berganti ditambah skid plate. Fender lebar berbahan komposit tidak hanya menambah kesan macho, tapi kuat menerima hantaman saat off-road ekstrem.

Ranger generasi terbaru juga lebih besar dari segala sudut dengan tinggi 1.873mm, lebar 2.180mm dan panjang 5.398mm. Jarak trek roda depan dan belakang diperlebar menjadi 1.710mm, dan ground clearance menjulang 283 mm.

Perubahan pada bemper dan roda tadi, menciptakan approach angle 32,5o, ramp ove angle 24o, dan departure angle 24o. Semua itu mendukung suspensi yang dirancang untuk menaklukkan segala medan berat.

Suspensi coilover baru untuk kaki belakang, menggunakan setelan dari Watt dengan gardan solid agar gerakan lateral tecipta lebih sedikit. Sistem peredaman dibuat secara eksklusif oleh Fox Racing Shox, dengan piston berdiameter 46,6mm untuk depan dan belakang.

Ranger generasi terbaru menggunakan ban all-terrain BFGoodrich berukuran 285/70 yang membalut pelek 17-inci desain khusus untuk Raptor.

Khusus di jalanan aspal ada model Normal dan Sport. Sedang untuk off-road terdiri dari mode Grass/Gravel/Snow, Mud/Sand dan Rock and Baja. Mode terakhir merupakan setelan maksimum seperti yang dibutuhkan dalam kondisi Baja Rally.

Kemampuan off-road menggunakan teknologi canggih seperti Terrain Management System yang terdapat 6 mode secara keseluruhan, yang terbaik untuk penggunaan on-road dan off-road.

All New Ranger Raptor bermesin baru 2,0-liter twin-turbo diesel dari lini EcoBlue, menggantikan mesin 2,2-liter Duratorq yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 213 PS dengan torsi 500 Nm. Bahkan melampaui mesin 5-silinder 3,2-liter Duratorq yang hanya 200 PS dan 470 Nm.

Ford menjelaskan, output besar salah satunya berasal dari intake manifold yang dibesarkan. Hal ini juga untuk mengantisipasi dua buah turbonya. Mereka mengakali adanya dua ‘rumah keong’ itu dengan menyatukan turbocharger kecil tapi bertekanan tinggi dan turbocharger yang lebih besar.

Saat kecepatan rendah, kedua turbo bekerja secara bersama-sama untuk menyediakan torsi besar. Ketika butuh peforma lebih cepat, turbo kecil dinonaktifkan dan bergantung pada turbo besar saja.

All New Ranger Raptor juga telah gunakan transmisi heavy duty Getrag 10R80 otomatis 10-speed yang juga digunakan F-150. Menurut insinyur Ford, rasio gear telah disesuaikan dengan spesifikasi mesin agar pengantaran tenaga dan torsi tetap optimal. Rasio yang begitu lebar dengan 10 tingkat percepatan meningkatkan akeselerasi. Perpindahannya juga diklaim semakin cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *