Berita, Gambar dan Video Otomotif

Gaikindo Resmi Mengeluarkan Mercedes-Benz Distribution Indonesia Dari Keanggotaan

Gaikindo Resmi Mengeluarkan Mercedes-Benz Distribution Indonesia Dari Keanggotaan

Elqady.net – Gaikindo merupakan asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia. Organisasi ini dibentuk pada tahun 1969 dan bersifat non profit. Hingga tahun 2006, anggota Gaikindo terdiri dari 16 perusahaan perakitan, 21 agen penjualan, 7 perusahaan suku cadang, dan 4 industri komponen utama.

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia yang tak melaporkan penjualan kepada GAIKINDO, mereka akhirnya dikeluarkan dari keanggotaan GAIKINDO. Sebelumnya PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia berjanji memberi laporan data penjualan kepada Kementerian Perindustrian.

GAIKINDO yang tak melihat laporan data penjualan dari Mercedes-Benz Distribution Indonesia di website Kemenperin, pada 15 Februari 2018 lalu GAIKINDO pun mengeluarkan surat pernyataan mengeluarkan pabrikan asal Jerman itu dari keanggotaan GAIKINDO.

Dari Mei 2017 lalu Pabrikan asal Jerman itu tak memberikan update penjualan, yang mengakibatkan GAIKINDO maupun MBDI mendapat teguran dari Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan. “Karena hal ini membuat GAIKINDO atau MBDI mendapat teguran dari Dirjen Pajak,” terang Ketua I GAIKINDO Jongkie D Sugiarto.

Djongkie juga menambahkan, MBDI beberapa tahun lalu juga melakukan hal serupa dan mendapat peringatan dari Kementerian Perindustrian. “Namun saat itu patuh tapi untuk kali ini mereka tidak mau menyampaikan data penjualan,” terangnya.

Menurut Djongkie data penjualan sangat penting dan dibutuhkan oleh banyak pihak, terutama bagi anggota GAIKINDO lain yang bermain di industri otomotif. Saat ditanya seberapa penting data penjualan.

“Sifatnya wajib agar semua anggota bisa melihat dan mempergunakan data tersebut untuk keperluan analisa pasar dan sebagainya,” terangnya.

Tujuan Gaikindo adalah untuk meningkatkan pembangunan industri otomotif, memperbaiki kualitas hidup bangsa Indonesia dan kegiatan lain yang dipengaruhi oleh industri otomotif Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *