Berita, Gambar dan Video Otomotif

Berikut Beberapa Tips Mudik Menggunakan Bus Umum Agar Terasa Nyaman dan Aman

Berikut Beberapa Tips Mudik Menggunakan Bus Umum Agar Terasa Nyaman dan Aman

Elqady.net – Ongkos yang terbilang murah ketika mudik menggunakan angkutan bus umum dan masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia karena bisa berhenti di tempat-tempat tertentu.

Sebaiknya melakukan persiapan yang matang saat jauh-jauh hari sebelum hari-H mudik. Persiapan mulai dari perencanaan, apa yang harus dilakukan, serta kegiatan yang perlu dilakukan dan dihindari di saat perjalanan.

Berikut beberapa tips mudik menggunakan bus umum agar terasa nyaman dan aman

1. Lakukan pemesanan tiket PO Bus yang jelas dan memiliki kredibilitas bagus.

Untuk ukuran kredibiliats bus yang bagus contohnya seperti tiketnya bisa dipesan jauh-jauh hari dan rekam jejaknya tak ada catatan bermasalah dengan penumpang. Usahakan jangan membeli tiket pada saat akan pergi atau di hari H saat mudik.

2. Beli tiket di agen dan berurusan dengan petugas resmi

Saat hari-hari menjelang lebaran calo masih kerap bermuncul. Mereka menyatakan sebagai orang yang akan bepergian saat berhadapan dengan petugas, dan berlagak seperti petugas agen di saat bertemu calon penumpang.

Cara membedakan petrugas resmi dan calo cukup gampang, yakni seragam dan tanda pengenal. Namun, alangkah baiknya langsung mendatangi loket agen resmi.

3. Sebaiknya membeli tiket dan berangkat di pool

Selain lebih aman dan nyaman karena bisa terhindar dari aksi copet dan ketidaknyamanan keramaihan seperti di terminal, merasa nyaman karena langsung dilayani petugas PO yang ada di pool.

4. Kemas dengan rapi dan atur barang bawaan

Sebaiknya pengaturan barang dilakukan dengan mempertimbangkan mana barang yang tidak digunakan atau diperlukan di saat perjalanan dan mana yang tidak. Jika barang diperlukan, sebaiknya dibawa ketas kecil yang bisa bawa ke bangku atau tempat barang di atas tempat duduk.

Sementara barang-barang berharga dan dompet sebaiknya di tempatkan di tas kecil yang harus bawa kemana pun. Gunakan tas kecil selempang dan tempatkan tas di depan badan.

5. Siapkan uang receh seperlunya

Jangan sesekali membuka dompet di depan umum. Sebab, siapa tahu ada di antara mereka oknum-oknum yang memiliki niatan buruk. Begitu pun jangan mengenakan barangt-barang atau perhiasan berharga, karena akan memancing niat jahat orang yang tak bertanggung jawab.

Uang receh mungkin perlukan jika ingin membeli sesuatu atau jika ada pengamen di saat bus beristirahat di suatu tempat. Begitu pun jika hendak ke toilet.

6. Siapkan makanan atau cemilan sendiri

Menyiapkan makanan kecil perlu dipertimbangkan, bisa mengisi peruit jika lapar atau menghindarkan diri dari masuk angin. Selain itu, dengan menyiapkan makanan dan minuman, juga menjadi langkah preventif jika ada orang-orang yang bermaksud jahat dengan berpura-pura menawari makanan atau minuman.

7. Isi baterai ponsel sampai penuh

Alat komunikasi handphone atau HP sangat dibutuhkan saat perjalanan. Selain untuk mengisi waktu mengusir kejenuhan, dengan alat ini bisa berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau sanak saudara lainnya.

Jika terjadi kondisi darurat baik terhadap bus maupun diri sendiri, atau kondisi jalanan yang macet luar biasa di luar masalah teknis, bisa berkomunikasi dengan keluarga. Sehingga, keluarga yang menunggu tidak was-was atau bingung.

8. Siapkan diri sebelum sampai tujuan dan berdoa

Setelah semua poin persiapan itu penuhi, satu hal yang tak boleh lewatkan adalah mengingat-ingat kapan dan dimana saatnya siap-siap untuk turun. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada barang yang tertinggal atau terkaget karena harus menyiapkan turun dengan mendadak dan mengalami disorientasi.

Selain fisik menjadi tidak stabil juga bisa dimanfaatkan oleh orang yang bermaksud jahat. Namun satu hal yang wajib lakukan adalah, selalu berdoa sebelum berangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *