Berita, Gambar dan Video Otomotif

Bukan Hanya Hiasan, Ini Fungsi Bintik Hitam Kaca Mobil

Bukan Hanya Hiasan, Ini Fungsi Bintik Hitam Kaca Mobil

Elqady.net – Pada kendaraan jenis mobil jika diperhatikan dengan seksama pastilah akan menjumpai adanya bintik-bintik hitam pada kaca mobil, bintik-bintik hitam ini dapat dilihat pada tepian kaca mobil.

Terkait adanya bintik hitam ini di mobil, apakah hanya hiasan atau mungkin memiliki fungsi penting untuk kendaraan?. Menjawab rasa penasaran para pemilik mobil ada sebuah penjelasan dari situs otomotif terkait dengan bintik hitam ini.

Bintik hitam pada kaca ini bernama frit. Dijelakan dalam laman tersebut jika frit ini berfungsi sebagai acuan atau kunci untuk mempermudah mekanik ketika akan menempelkan kaca depan mobil ke bodi.

Sebagai informasi, jika material kaca merupakan bahan yang paling susah untuk merekat atau ditempelkan dengan jenis material lain, dan fungsi frit ini lah yang menutupi kekurangan dari material kaca ini tersebut, karena frit mampu membuat kaca  menempel dengan efektif bersama material lain.

“Permukaannya tidak akan mudah menempel pada lapisan besi pada frame bodi. Untuk itulah diperlukan adanya frit,” tulis situs otomotif tersebut.

Bagaimana cara kerja Frit?. Ketika kaca depan akan ditempelkan ke bodi mobil maka frit akan dipanaskan dan membuat frit melebar. Peran utama frit disini adalah sebagai permukaan untuk perekat ketika kaca depan mobil akan ditempelkan.

Selain itu, fungsi lain dari frit juga adalah untuk menjaga keamanan pengemudi ketika berkendara, frit yang merupakan bintik-bintik hitam akan melindungi maya pengendara dari silaunya sinar matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *