Berita, Gambar dan Video Otomotif

Mobil Matik Juga Bisa Untuk Mudik

Mobil Matik Juga Bisa Untuk Mudik

Elqady.net – Saat ini sudah menjadi pilihan mobil dengan transmisi matik untuk mudik dengan alasan mobil matik lebih praktis dan tidak cepat lelah dibandingkan dengan mobil transmisi manual.

Mobil tentunya sudah didesain agar bisa menempuh perjalanan jauh dan jarak yang lama, apapun jenis transmisinya. Matik juga bisa dibawa mudik, tentunya tetap memperhatikan persiapan kendaraan sebelum mudik.

Mobil dengan kondisi yang prima, adalah kunci pertama agar perjalanan tidak mengalami gangguan. Bagi pemilik mobil matik, beberapa hari sebelum keberangkatan lakukan pengecekannya seperti pada bagian aki.

Bila menggunakan aki basah, cek air aki jangan sampai kering. Bila menggunakan aki kering, lihat usia pemakaian aki. Bila sudah waktunya diganti, segera ganti karena aki dengan yang baru.

“Untuk mobil matik, hal pertama yang perlu diperhatikan pada bagian aki. Aki jangan sampai kering atau sudah habis usia pemakaian. Mobil matik berbeda dengan mobil. Kalau manual mengalami tekor aki, masih bisa diakalin dengan mendorongnya. Cara ini tidak bisa dipakai di mobil matik. Bila memungkinkan, ada baiknya bawa jumper aki,” beber Yayat pemilik Diler mSiliwangi.

Slip kopling biasanya sering dialami di mobil matik, karena terjadi ketidakseimbangan antara putaran mesin dengan laju mobil.

“Untuk menghindari slip kopling pada mobil matik, saat anda parkir, jangan biarkan mobil terparkir dalam tuas ke posisi D. Ini biasanya sering dilakukan bagi pengemudi yang biasa mengendarai mobil manual. Kebiasaan ini harus ditinggalkan, karena akan merusak plat kopling,” ujarnya lagi.

Jika sedang parkir, cukup memasukan tuas ke posisi P saja dan pastikan agar mobil sudah benar-benar berhenti. Jika mobil belum benar-benar berhenti jangan memasukan tuas pada posisi P.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *