Berita, Gambar dan Video Otomotif

Bagaimana Jika Mobil Jadul Di Oli Paling Canggih?

Elqady.net – Saat ini, banyak alternatif bagi pemilik mobil untuk meningkatkan performa dari kendaraan miliknya. Salah satunya yang di tempuh antara lain adalah dengan menggunakan oli keluaran terbaru dan paling canggih. Terkait dengan hal ini, bagaimanakah jika oli terbaru tersebut digunakan untuk mobil jadul?

Terkait dengan hal ini, Technical Specialist PT Pertamina Lubricant, Agung Prabowo menyampaikan bahwa sebenarnya tiap kendaraan memiliki rekomendasi olinya masing-masing.  Terkait dengan hal ini, menurutnya menggunakan pelumas terbaru untuk mobil jadul merupakan hal yang sia-sia.

Bahkan, jika kendaraan diberi oli yang tidak sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan, akan membuat kendaraan tersebut justru memiliki performa yang tidak maksimal.

“Untuk mobil tua, kita perhatikan dulu itu tahun berapa pembuatannya lantas lihat API (American Petroleum Institute) service nya. Misalkan tahun 2000 ya dan pakai diesel, ini kan mobil masih CH (kategori mobilnya), belum CI karena dia keluar di tahun 2004. Jadi cukup gunakan oli yang CH, disesuaikan dengan rekomendasi dari API service-nya,” katanya kepada wartawan di Bogor, Jawa Barat.

“Karena semakin tinggi teknologi, partikelnya semakin kecil. Oli keluaran dulu (awal tahun 2000an), itu dipakai untuk oli-oli yang kompresinya kecil. Sehingga potensialnya kalau pakai teknologi terbaru akan terbakar. Jadi percuma. Kemahalan tapi tidak dapat manfaatnya,” tambah Agung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *