Berita, Gambar dan Video Otomotif

Cara Perawatan dan Pengecekan Pelek Agar Tak Cepat Rusak

Cara Perawatan dan Pengecekan Pelek Agar Tak Cepat Rusak

Elqady.net – Salah satu bagian penting pada kendaraan adalah kaki-kaki pelek, jika bagian ini bekerja dengan baik, tentunya dapat mengurangi risiko kecelakaan. Meski terlihat masih kuat, pelek bisa saja mengalami risiko peyang dan retak.

Salah satu yang perlu dilakukan perawatan dan pengecekan secara rutin untuk merawat pelek, ada baiknya lakukan tiga hal berikut yang dijelaskan oleh Charly Arifin dari Dunia Ban, Cikokol, Tangerang.

Pertama sebisa mungkin, gunakan jalur yang tidak berlubang untuk dilalui kendaraan atau minimal kurangi laju kendaraan saat melewati jalan rusak agar pelek tidak bengkok, atau pecah di bagian pinggirnya.

Kedua harus lebih waspada jika menggunakan ban bentuk tipis, karena hal ini membuat hentakan antara jalan dengan ban lebih terasa yang kemudian akan mempengaruhi pelek.

Ketiga perhatikan tekanan angin pada ban mobil telah memiliki standar ukuran yang biasanya dapat dilihat di buku manual atau di sekitar pintu mobil. Jika, tekanan angin tidak sesuai, pelek akan mudah penyok di bagian bibir pelek.

Perhatikan angka yang ditunjuk anak panah. Petunjuk ini mengartikan bahwa ban depan harus diisi angin bertekanan 29 PSI, dan ban belakang 26 PSI. Sesuaikan pelek dengan ukuran ban, bila tidak bisa membuat ban cepat rusak yang pada akhirnya akan mempengaruhi pelek.

Setiap pelek memiliki ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan ban, sehingga perhatikan baik-baik ban yang akan Anda beli dan pastikan ukuran ban sesuai ketentuan untuk mencegah pelek rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *