Berita, Gambar dan Video Otomotif

Mengisi Tekanan Angin Ban Berlebihan? Ini Resikonya

Mengisi Tekanan Angin Ban Berlebihan

Elqady.net – Berbicara tantang salah satu perangkat penting dalam kendaraan pastilah ban juga termasuk kedaftar tersebut, itu karena tanpa ban kendaraan tidak mungkin bisa dibawa berkendara.

Ban juga menjadi salah satu perangkat yang paling bekerja keras karena harus membawa berat kendaraan dan juga penumpangnya, hal ini membuat ban harus memiliki tekanan angin yang baik dan benar.

Terkait tekanan angin pada ban, Zulpata Zaenal selaku Proving Ground Manager PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan jika setiap ban mempunyai spek yang berbeda-beda dan pada pengisian angin juga akan berbeda pada setiap ban tergantung spesifikasi kendaraan dan ukuran rodanya.

Zulpata Zaenal juga menuturkan jika pengisian angin pada ban yang baik harus menggunakan alat ukur bukan hanya dengan feeling dan menekan-nekan ban. Karena menurut Zaenal angin berlebihan pada ban akan menimbulkan resiko.

“Kalau ban diisi lebih tinggi dari tekanan angin yang direkomendasikan pabrikan, misalkan 5-10 psi lebih banyak, ban akan terasa lebih keras bantingannya, karena dinding ban samping jadi kaku.” jelasnya Zulpata.

Tidak hanya itu, resiko lainya juga akan timbul seperti sulitnya pengendalian kendaraan khususnya mobil, performa pengereman menurun di lintasan basah & kering dan pengundulan ban akan lebih cepat terjadi pada bagian tengah.

Kendati mempunyai resiko banyak dengan tekanan ban yang berlebihan, akan tetapi Zulpata Zaenal juga mengatakan ada satu kelebihan dari tekakan ban yang berlebih.

“Stabilitas di jalan kering sedikit lebih baik, tapi keburukan lebih banyak,” ungkap Zulpata. Untuk resiko ban meledak, Zulpata mengatakan hal itu tidak mungkin jika ban hanya kelebihan tekanan angin sebanyak 5-10 psi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *