Berita, Gambar dan Video Otomotif

5 Cairan Mobil Yang Harus Dicek Secara Rutin

5 Cairan Mobil Yang Harus Dicek Secara Rutin

Elqady.net – Bagi pemilik mobil diharuskan cek rutin atau service ke bengkel. Pemilik mobil harus mengetahui beberapa bagian mana yang harus dicek secara rutin. Tak terkecuali ada lima cairan pada mobil yang harus dicek seperti yang diutarakan David Lesmana dari Dunia Usaha Motor BSD, Tangerang Selatan.

1. Minyak Rem

Minyak rem mampu menyerap kelembapan. Hal tersebut membuatnya memiliki jangka waktu pemakaian. Umumnya, minyak rem pada mobil mampu bertahan hingga sekitar 3 tahun.

Ternyata masih cukup banyak pemilik mobil yang tidak pernah mengganti minyak rem mereka. Padahal, minyak rem merupakan salah satu bagian dari sistem tertutup mobil dan tidak seharusnya habis.

Minyak rem inilah yang membantu untuk menyesuaikan penggunakan rem pada mobil. Saat dicek ternyata minyak rem memiliki kadar yang rendah, artinya mobil bisa saja mengalami masalah.

2. Oli Gardan

Biasanya, penggantian oli gardan dilakukan bersamaan dengan oli transmisi, yakni setelah 10.000-20.000 km atau 2-3 kali penggantian oli mesin.

Hal penting yang harus perhatikan saat mengganti oli gardan adalah kekentalannya. Diharuskan menyesuaikan oli gardan dengan yang dianjurkan oleh pihak produsen mobil.

3. Air Radiator

Mengecek air radiator merupakan hal yang wajib lakukan setiap sebelum memanaskan mesin mobil. Cek seberapa banyak air yang ada pada radiator mobil. Untuk mengeceknya dari wadah penampungan air radiator yang diletakkan terpisah dari radiator tersebut. Apabila memang jumlahnya terlihat kurang, segera isi hingga batas yang disarankan. Jangan terlalu berlebihan.

4. Air Wiper

Mengecek cairan wiper bertujuan agar bisa segera membersihkan kotoran yang muncul pada kaca depan mobil. Jika air kaca kotor, maka visibilitas saat berkendara akan terganggu karena tak bisa dihapus.

Oli transmisi tidak sama dengan oli mesin. Apabila oli mesin memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan antar-komponen dalam mesin, maka oli transmisi merupakan pelumas yang digunakan pada sistem transmisi.

5. Oli Transmisi/ Girboks

Oli Transmisi berfungsi untuk mempermudah pergantian transmisi mobil dan merawat komponen transmisi agar tidak mudah aus, baik untuk mobil manual maupun matic. Umumnya, oli transmisi manual bisa bertahan hingga 10.000 km, sedangkan pada mobil matic bisa bertahan hingga 20.000 km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *