Berita, Gambar dan Video Otomotif

Kendaraan Listrik Gesits Siap di Produksi Agustus 2018

Elqady.net – Kendaraan listrik Gesits buatan lokal dikabarkan siap di produksi massal di pasar otomotif Indonesia mulai Agustus 2018. Hal ini diketahui setelah dengan tegas PT Pindad resmi menjadi pemasok komponen elektirk untuk skuter listrik nasional Gesits.

Kabar tersebut juga didukung oleh Project Leader EV Pindad, Yayat Ruyat yang membenarkan motor listrik tersebut akan diproduksi di dalam negeri. Yayat menegaskan jika sekitar 55 persen sampai 60 persen komponen Gesits adalah buatan lokal.

“Desain dasar dari motor listrik hasil kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS), dan kami kembangkan serta sempurnakan lagi agar siap untuk penggunaan di jalan raya hingga siap diproduksi,” tutur Yayat.

“Sampai saat ini produk motor listrik (untuk motor 5 KW) tersebut hanya tinggal finalisasi saja. Kami juga sudah menyiapkan lini produksi dan komponennya, dengan TKDN 55 persen sampai 60 persen,” imbuh Yayat.

Yayat juga mengatakan jika komponen permanent magnet untuk membangun motor listrik buat Gesits masih di impor karena didalam negeri belum belum ada pemasok komponen tersebut.

“Permanent magnet untuk mengejar efisiensi energi dan ukuran, agar pas dan masuk untuk diletakkan di bawah jok motor. Namun komponen tersebut belum ada di dalam negeri,” tutup Yayat.

Pindad sendiri merupakan BUMN kedua pendukung Gesits, setelah PT Wika Industri dan Konstruksi, yang telah menyiapkan fasilitas dan peralatan industri, buat dukung proses produksi Gesits di Kawasan Industri Wijaya Karya (WIKA) di bilangan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *