Berita, Gambar dan Video Otomotif

Nissan Tidak Kembangkan Mesin Baru Untuk Nissan Terra

Elqady.net – Seperti yang diketahui Nissan akan meningkatkan penjualan produknya hingga tahun 2020, ini merupakan proyek Nissan yang diberi nama “M.O.V.E to 2022”. Dari proyek ini Nissan kembali mengenalkan produk barunya yaitu Nissan Terra.

Pengenalan Terra juga sebagai bentuk keseriusan Nissan untuk menghadirkan produk baru di kawasan Asia Tenggara. Terra dikatakan sebagai produk andalan terbaru dari Nissan.

Kendati marupakan produk andalan yang baru, akan tetapi salah satu raksasa otomotif Jepang ini tidak menggunakan dan mengembangkan mesin baru untuk Nissan Terra.

Nissan Terra sendiri menggunakan mesin milik Navara YD25, yang basis produksinya di Thailand. Hironori Awano selaku Chief Vehicle Engineer Nissan mengatakan ada sebuah alasan kenapa Nissan tidak mengembangkan mesin baru.

Awano menjelaskan jika untuk mengembangkan sebuah mesin baru membutuhkan biayanya sangat besar, oleh karena itu harus melalui banyak pertimbangan berkali-kali.

“investasi membangun mesin baru juga sangat mahal. Namun buat 5-10 tahun lagi, iya mungkin,” tutur Awano.

Meski begitu, kata Awano, walaupun sama dengan Navara, tapi para ahli mesin Nissan menyetel ulang mesin tersebut. Ini dilakukan untuk mengakomodasi karakter penggunaannya atau konsumenya.

“Pasalnya, karakternya juga tak sama antara pikap truk (seperti Navara) dan New Nissan Terra,” jelas lagi Awano.

Mesin diesel YD25 pada Nissan Terra sendiri mampu manghasilkan tenaga yang cukup besar yaitu 190tk 3.600 rpm dan torsi 450Nm 2.000 rpm. Hasil ini merupakan yang terbesar untuk kelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *