Berita, Gambar dan Video Otomotif

Begini Cara Merawat dan Menjaga Komponen CVT

Elqady.net – Bagi anda yang suka berpergian jauh menggunakan motor terutama jenis motor matic, sebaiknya rajin-rajinlah untuk melakukan beberapa perawatan yang penting khususnya untuk bagian CVT.

CVT atau Continuous Variable Transmission adalah perangkat yang penting untuk kendararaan matic, perangkat ini merupakan pengganti rantai pada motor matic yang berguna untuk menyalurkan tenaga kepada roda.

Pada kesempatan ini ada tips yang harus diperhatikan untuk menjaga dan merawat Continuous Variable Transmission dari seorang pemilik bengkel Em-Push racing bernama Farid.

“Perawatan CVT harus dilakukan tiga bulan sekali. Hal ini untuk menghindari masalah pada CVT, yang dapat mempengaruhi performa kendaraan,” kata Farid.

“Biasanya, masalah di skutik ada di CVT, padahal komponen ini paling vital. Karena, jarang diperhatikan pemiliknya, CVT jadi kotor banyak debu, bisa bermasalah pada roller, gemuknya abis,” imbuh Farid.

Farid menambahkan salah satu cara yang ampuh untuk mengetahui keadaan CVT yang rusak adalah dengan mendengarkan bunyi-bunyi yang terkadang muncul atau terasa ada yang berbeda dengan kendaraan.

“Biasanya, untuk perawatan CVT, kena Rp 40 ribu dan untuk ganti roller, untuk Yamaha Mio Rp 70 ribu, sedangkan untuk Honda BeAT dan Vario Rp 75 ribu,” lanjutnya.

Roller sendiri memang adalah bagian yang gampang rusak pada komponen CVT, hal ini karena usia pemakaian atau karena beban yang terlalu berat. “Usahakan, diberi gemuk secukupnya, agar rumah roller awet,” jelas Farid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *