Berita, Gambar dan Video Otomotif

Cara Untuk Mengatasi Microsleep Ketika Mengemudi

Elqady.net – Mudik menggunakan mobil pribadi merupakan salah satu alternatif yang banyak dilakukan pemudik dikala tidak kebagian tiket transportasi umum ataupun fasilitas mudik gratis yang disediakan.

Mudik menggunakan mobil pribadi sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, salah satunya kita bisa lebih cepat dan bebas untuki berhenti kapanpun.

Namun, jika dibandingkan sebenarnya masih banyak kekurangannya jika mudik meggunakan mobil pribadi. Salah satu masalah yang sering dialami ketika mudik dengan mobil pribadi adalah microsleep.

Microsleep sendiri dikatakan oleh pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu adalah keadaan dimana pengemudi seperti tertidur untuk sesaat.

“Mungkin sekitar 1 detik sampai 30 detik. Bisa juga saat mata terbuka, saat tengah berkendara. Ini berbahaya,” tutur Jusri.

Jusri juga memberikan sebuah contoh terjadinya microsleep, sebagai contoh kendaraan sedang melaju pada kecepatan 70 kilometer per jam (kpj), microsleep selama 3 detik membuat kendaraan menyusur tanpa kendali sejauh 200 meter.

“Kalau di jalan raya itu seperti rute yang jalurnya lurus terus. Atau jalan yang sudah sering pengemudi lewati. Sehingga dia tahu letak lubang di mana, kecepatan berapa. Jadinya monoton, tidak ada tantangan,” imbuh Jusri.

Membahas lebih detail mengenai kejadian microsleep di kalangan masyarakat ini, Jusri memberikan beberapa penyebab pengemudi mengalami microsleep. Antara lain microsleep bisa dirasakan di rute-rute padat kendaraan. Situasi stop and go, kemacetan bisa menimbulkan stress hingga akhirnya lalai dan lelah.

Untuk mengatasi kejadian ini, Jusri menyarankan kepada para pengemudi untuk tidak terlalu memaksakan diri ketika mudik. Jika tubuh ingin beristirahat maka menepi dan istirahat.

“Bisa dibuat waktu periodik istirahat, misal setiap perjalanan dua jam sekali berhenti istirahat. Atau saat puasa seperti ini perjalanan bisa lebih singkat dengan sesekali beristirahat,” tegas Jusri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *