Berita, Gambar dan Video Otomotif

DFSK Berharap Konten Lokal Glory 580 Bisa Meningkat Hingga Lebih Dari 40 Persen

Elqady.net – Pendatang baru asal China, PT Sokonindo Automobile atau DFSK akan ber investasi sebesar 150 juta dolar untuk membangun pabrik perakitan di kawasan Cikande, Serang, Banten, ternyata belum cukup untuk bersaing di industri otomotif Tanah Air.

CO-CEO PT Sokonindo Automobile, Alexander Barus, menjelaskan bila dalam waktu dekat pihaknya akan memperkuat amunisi dengan membangun pabrik mesin lengkap dengan transmisinya. Pabrik yang sudah berdiri sekarang hanya fokus sebagai pabrik perakitan produk saja.

“Saat ini memang masih tahap negosiasi dengan prinsipal, tapi mudah-mudahan bisa secepatnya, tahun ini,” papar Alexander saat ditemui di Bandung.

Rencana untuk membangun pabrik mesin ini merupakan salah satu upaya dari DFSK untuk terus meningkatkan konten lokal dari mobil 7-penumpang yang baru mereka luncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) April lalu, bernama Sokon Glory 580.

Alexander Barus menambahkan, sampai saat ini Sokon Glory 580 mimiliki konten lokal sekitar 20-30 persen. Mengingat masih banyak komponen-komponen yang harus mereka kirim dari negara asalnya, China. Dengan membangun pabrik mesin ini, pihak DFSK berharap konten lokal Glory 580 bisa meningkat hingga lebih dari 40 persen.

“Jadi kalau bicara soal ini, ini benar serius bisnis. Groundbreaking tahun ini semoga bisa jadi dan beroperasi tahun depan, jadi lokal kontennya juga bisa cepat naik,” tambahnya.

“Kalau negonya sudah selesai, kami akan bangun engine plant-nya di seberang pabrik Cikande,” tambahnya.

Alexander Barus belum mengungkap tipe mesin dan transmisi apa yang rencananya akan diproduksi seara lokal. Sebagaimana diketahui, Glory 580 menawarkan dua pilihan mesin; 1.8L dan 1,5 Turbocharger, dengan tiga pilihan transmisi; manual 5-percepatan, manual 6-percepatan, dan otomatis CVT.

“Kita doa sama-sama lah biar prinsipal rela pabrik mesinnya bisa ada disini,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *