Berita, Gambar dan Video Otomotif

Kerjasama Toyota dan Suzuki Akan Hadirkan Model Baru Pada April – Juni 2019

Elqady.net – Setelah memutuskan untuk berkerjasama untuk menguasai pasar otomotif India, dua raksasa otomotif asal Jepang yaitu Toyota dan Suzuki berencana akan melincurkan mobil Toyota berbasis Suzuki.

Mobil hasil kerjasama keduanya dikatakan akan hadir di pasar otomotif India pada kuartal II-2019 atau pada bulan April sampai Juni. Mobil ini sendiri akan diproduksi di India dan 100% megandung kesan lokal.

Sebelumnya, Toyota dan Suzuki telah membuat sebuah kesepakatan dalam perjanjian kerjasamanya yaitu untuk memasarkan kendaraan buatan Maruti Suzuki di India dengan logo Toyota begitupun sebaliknya.

Toyota sendiri akan memasarkan dua produk Suzuki yaitu Vitara Brezza dan Baleno dengan menggunakan logo Toyota. Sedangkan, Suzuki akan memasarkan Toyota Corolla berlogo Suzuki.

Terkait hal ini, pihak Toyota mengatakan akan meningkatkan kandungan lokal model-model cross-branding itu demi mengejar efektivitas dan efisiensi biaya.

“Toyota akan terus meningkatkan lokalisasi komponen dalam upaya mendukung gagasan ‘Made in India’ demi efektivitas biaya,” kata Vice President Toyota Kirloskar Motor, Atsushi Oki, seperti dikutip PTI.

“Kami memahami sensitivitas harga di pasar India. Kami akan terus menjaga momentum harga di arah ini,” imbuhnya.

Sehubungan dengan pertukaran produk oleh kedua pihak, dikatakan jika Toyota dan Suzuki tidak akan terlalu membuat perubahan yang berarti. Namun, keduanya dipastikan akan merubah tampilan depan dan belakang dari masing-masing produk untuk menegaskan ciri khas masing-masing merek.

Dari segi mesin, Maruti Vitara Brezza dan Maruti Baleno berlogo Toyota serta Toyota Corolla berlogo Suzuki tak ada perbedaan dengan versi aslinya, termasuk mesin dan transmisinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *