Berita, Gambar dan Video Otomotif

Kimi Raikkonen Akan Digantikan Oleh Pembalap Muda Charles Leclerc

Elqady.net – Kimi Raikkonen pembalap F1 tim Ferrari Scuderia dikabarkan akan digantikan oleh pembalap muda Charles Leclerc untuk musim balap Formula 1 2019.

Pada 1999 bersama tim Manor Motorsport Kimi memulai karier profesional balap dan berhasil mempersembahkan dua gelar juara di ajang Formula Renault Inggris selama dua tahun berturut-turut. Kemudian naik kelas ke Formula 1 bersama tim Red Bull Sauber Petronas pada 2001 dan berakhir di peringkat 10 dengan koleksi 9 poin.

Setahun kemudian, Kimi memutuskan hengkang ke tim McLaren Mercedes selama lima musim dari 2002-2006 dan pencapaian terbaiknya adalah runner-up. Pada 2007, nama Kimi Raikkonen mulai bersinar bersama tim Ferrari Scuderia. Di musim debutnya bersama tim Ferrari, pembalap yang kini berusia 38 tahun tersebut sukses meraih gelar F1 pertamanya.

Kimi membuat keputusan yang mengejutkan dengan memilih hengkang dari Formula 1 ke ajang World Rally Championship di tahun 2009 bersama tim Citroen Junior Team dan Ice 1 Racing setelah tiga musim berseragam Ferarri. Setahun berselang, Kimi memutuskan bergabung ke ajang NASCAR Seri Truk dan Nationwide.

Pada 2012, Kimi memutuskan kembali pada ajang balap Formula 1 yang telah membesarkan namanya. Kimi bergabung dengan tim Lotus F1 sebagai pelabuhan terbarunya. Posisi ketiga dan kelima adalah pencapaian terbaik Kimi dalam dua musim berseragam tim Lotus F1.

Kemudian pada 2014, Kimi memilih kembali bereuni dengan tim Ferrari Scuderia yang masih berlanjut hingga musim ini. Saat ini Kimi duduk di peringkat kelima klasemen sementara rider dengan koleksi 68 poin, terpaut selisih 53 poin.

Pada pertengahan musim balap di 2017, Presiden Ferrari, Sergio Marchionne sempat mengatakan sulit bagi Kimi Raikkonen untuk terus bersaing dalam perebutan gelar juara dunia mengingat balapan di era modern ini membutuhkan konsistensi tinggi dan bisa tetap fokus terhadap tekanan.

Marchionne menginginkan Raikkonen memberikan yang terbaik di musim terakhirnya bersama Ferrari. Ferrari sempat mempertimbangkan nama Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) sebagai calon partner baru Sebastian Vettel.

Namun, besaran gaji yang diminta Ricciardo tak sanggup dipenuhi oleh Ferrari, sehingga tim pabrikan asal Italia itu kini melabuhkan pilihannya pada pembalap debutan (Rookie), Charles Leclerc, dari tim Sauber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *