Berita, Gambar dan Video Otomotif

Viar Q1 Masih Menunggu Penerapan Uji Tipe Terbaru

Elqady.net – Dalam dunia penjualan otomotif ketika produsen akan memasukan produknya kedalam pasar terlebih dahulu harus melakukan rangkaian pengujian atau biasa disebut Sertifikat Lulus Uji Tipe (SLUT).

Di Indonesia sendiri rangkaian pengujian tersebut tertera pada Permenhub Nomor KM. 9 tahun 2004 terkat dengan produk yang akan dijual harus melalui  Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor terlebih dahulu.

Terkait peraturan tersebut, di Indonesia baru satu kendaraan roda dua tipe listrik yang sudah mendapatkan Sertifikat Lulus Uji Tipe (SLUT) yaitu Viar Q1 dan bisa legal dijual dan dikendarai di jalanan.

Namun, Kementerian Perhubungan baru saja memperbaiki peraturan terkait dengan Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor. Peraturan tersebut tercatat pada Permenhub Nomor 33/2018 yang diinformasikan pada 24 Apri 2018.

Lantas dengan peraturan baru terkait Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor tersebut, apakah Viar Q1 harus menjalani pengujian ulang dan kembali harus mendapatkan (SUT).

“Viar Q1 telah memiliki sertifikat lulus uji tipe, itu salah satu faktor Q1 bisa memiliki STNK dan pelat nomor. Sementara terkait dengan model baru E-Cross, kami tidak ajukan buat diuji tipe. Karena rencananya nanti akan masuk ke kendaraan hobi,” jelas Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo.

Jadi bisa disimpulkan jika penerbitan SUT untuk Viar Q1 masih mengacu pada Permenhub Nomor KM. 9 tahun 2004, maka Viar Q1 tidak perlu melakukan sertifikat lulus uji tipe ulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *