Berita, Gambar dan Video Otomotif

Masa Depan Ukuran Mobil MINI Tak Harus Berukuran Kecil

Elqady.net – MINI pabrikan mobil asal Britania Raya mulai menghasilkan produk besar. Pabrikan yang merupakan bagian dari BMW Group ini selama ini dikenal dengan produk-produknya yang sesuai namanya berukuran kecil.

Sebagai perbandingan, produk awal MINI yang lahir pada tahun 1959 punya dimensi panjang 3.048 mm, sedangkan MINI Cooper terbaru dengan konfigurasi empat pintu hadir dengan panjang 3.992 mm. Menariknya, MINI juga seperti tidak berencana untuk mengembalikan DNA mobil berukuran mini mereka.

Florian Nissl, Project Leader MINI Exterior Design Global, mengatakan identitas desain MINI tidak secara tegas mengarah ke mobil kecil.

“Saya beranggapan kalau sekali Anda menerima ide bahwa MINI adalah sebuah brand yang tidak serta-merta menawarkan mobil yang ‘mini’ karena namanya. Maka saya rasa Anda akan mulai menyadari, kalau brand ini menarik karena dia punya kekuatan dari sisi desain yang sangat fleksibel dan sangat menarik.” ujarnya dikutip dari CarAdvice.

Contohnya MINI Countryman 2019, memiliki dimensi 4.299 mm x 1.822 mm x 1.557 mm, MINI masih dengan percaya diri mereka pasarkan dengan slogan ‘our biggest MINI yet’. Florian yakin meskipun mereka akan terus mengembangkan line-up yang mereka punya, hal-hal yang ikonik dari MINI tidak akan pernah hilang.

Salah satu hal yang mempengaruhi bertambah besarnya produk MINI adalah penggunaan motor listrik untuk produk kendaraan mereka. Contohnya bisa dilihat pada MINI Countryman 2019 yang menjadi produk perdana dari pabrikan yang punya opsi varian plug-in hybrid.

Florian menambahkan dimensi kendaraan sebenarnya memberi dampak baik karena ada semakin banyak fitur kendaraan yang didapat.

“(Saat ini) mobil-mobil yang ada berukuran lebih besar yang juga untuk menunjang keselamatan,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *