Berita, Gambar dan Video Otomotif

Toyota Hadirkan Mobil Berbahan Hydrogen Tahun 2020

Elqady.net – Produsen otomotif banyak yang memiliki pandangan tantang mobil masa depan yang akan menghiasi pasar otomotif mendatang. Beberapa diantaranya adalah dengan menghadirkan kendaraan listrik, mulai dari hybrid, plug-in hybrid, sampai kendaraan listrik murni (kendaran listrik berbasis baterai).

Namun, pandangan lain diungkapkan oleh salah satu raksasa otomotif Japang yaitu Toyota. Produsen mobil tersebut mengatakan jika mobil masa depan yang akan meramaikan pasar adalah mobil dengan bahan hydrogen fuel cell vehicle (FCV).

Pernyataan Toyota juga semakin dikuatkan dengan langkah investasi untuk menyelesaikan proyek kendaraan hidrogen. Saat ini, Toyota dikatakan sedang merancang desain mobil hidrogen dengan harga yang lebih murah sehingga bisa dipasarkan secara massal.

Toyota sendiri sudah memiliki Mirai sebagai kendaran bertenaga hidrogen. Mirai merupakan mobil hidrogen dengan daya tempuh mencapai lebih dari 480 km dengan harga yang sangat mahal yaitu 58 ribu dolar Amerika Serikat alias hampir Rp 850 juta.

“Kami akan mengubah dari produksi terbatas jadi produksi massal dengan mengurangi material mahal sepeti platinum yang digunakan pada komponen FCV, dan membuat sistem yang lebih kompak dan kuat,” ucap Chief Engineer Mirai Yoshikazu Tanaka.

Proyek kendaraan berbahan hydrogen fuel cell vehicle (FCV) ini diperkirakan akan dihadirkan tahun 2020. Selain itu, Toyota juga merencanakan fase perkenalan model kendaraan hidrogen lain untuk SUV,  pikap, hingga truk komersial yang akan mulai sekitar tahun 2025 berdasar informasi dari sumber internal.

“Kami akan menggunakan sebanyak mungkin bagian-bagian dari mobil penumpang yang ada dan model lain yang memungkinkan untuk truk fuel cell,” kata Manager of New Bussines Planning for Fuell Cell Project Toyota, Ikuo Ota.

“Jika tidak, kami tidak melihat keuntungan dari melakukan produksi secara massal.” imbuhya, semakin banyak Toyota membuat kendaraan hidrogen, biaya produksi akan semakin rendah dan membuat teknologinya semakin terjangkau bagi konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *